Ads:

Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA

Pengertian VBA da Macro – VBA, yang merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft, perusahaan dijalankan oleh orang terkaya di dunia. Excel, bersama dengan anggota lain dari Microsoft Office, di dalamnya termasuk bahasa VBA (tanpa biaya tambahan). Singkatnya, VBA adalah alat yang digunakan orang untuk mengembangkan program yang mengontrol Excel.

Jangan bingung perbedaan antara VBA dengan VB (yang merupakan singkatan dari Visual Basic). VB adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda membuat program executable mandiri (file-file EXE). Meskipun VBA dan VB memiliki banyak kesamaan, mereka adalah makhluk yang berbeda.

Anda mungkin menyadari bahwa orang-orang menggunakan Excel untuk ribuan tugas yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh kegunaan dari Microsoft Excel:

– Mengelola daftar nilai siswa, mengelola pengeluaran gaji karyawan, melihat nilai pemasukan dan pengeluaran keuangan pribadi, melihat jadwal dan agenda kegiatan harian.
– Menganalisis data ilmiah
– Membuat faktur dan bentuk lain seperti mencetak Kwitansi pembayaran
– Mengembangkan grafik dari data tabmark

Kegunaan Microsoft Excel tidak terpaku pada hal-hal diatas, tapi bisa mencakup lebih luas lagi. Excel digunakan untuk berbagai macam hal, dan semua orang membaca artikel ini memiliki kebutuhan yang berbeda dan harapan tentang Excel. Satu hal yang hampir setiap pembaca memiliki kesamaan adalah kebutuhan untuk mengotomatisasi beberapa aspek Excel. Itulah yang anda bisa dapatkan dengan VBA.

Misalnya, Anda dapat membuat sebuah program VBA untuk memformat dan mencetak laporan penjualan akhir setiap bulannya. Setelah mengembangkan dan menguji program, Anda bisa menjalankan makro dengan satu perintah yang akan membuat Excel secara otomatis melakukan banyak prosedur yang sangat menghemat waktu anda. Daripada melakukan pekerjaan secara manual, lebih baik menikmati secangkir kopi dan makanan ringan sambil menunggu Microsoft Excel di komputer anda selesai melakukan tugasnya.

Berikut adalah beberapa deskripsi singkat dari beberapa penggunaan umum untuk macro VBA. Satu atau dua ini dapat menekan tombol Anda.

Memasukkan text string
Jika Anda sering perlu untuk memasukkan satu atau beberapa namake dalam worksheet anda, maka anda dapat membuat makro untuk melakukan pengetikan tersebut. Anda dapat memperpanjang konsep ini sejauh yang Anda suka. Misalnya, Anda mungkin mengembangkan makro yang secara otomatis menuis daftar pekerja di perusahaan anda atau nilai gaji karyawan di perusahaan anda yang mungkin akan dilakukan secara rutin.

Mengotomatisasi tugas yang sering dilakukan
Asumsikan Anda seorang manajer penjualan yang perlu menyiapkan laporan penjualanan akhir yang selalu diminta bos anda. Ini dapat dilakukan dengan VBA yang anda ciptakan, sehingga laporan anda selalu tepat waktu, dan bos anda akan senang tentunya.

Mengotomatisasi operasi berulang
Jika Anda perlu melakukan tindakan yang sama pada, katakanlah, 12 workbook Excel yang berbeda, Anda dapat merekam makro saat Anda melakukan tugas pada workbook pertama dan kemudian membiarkan makro mengulangi tindakan Anda pada workbook lain. Yang menyenangkan adalah perekaman Macro ini mirip dengan merekam audio, namun tidak memerlukan Microfon.

Membuat perintah khusus
VBA juga bisa membantu anda untuk melakukan tugas yang sering anda lakukan. Misalnya anda sering menekan menu satu kemudian menu dua dan mencetak sheet anda, ini bisa dibundel dalam satu perintah saja dengan bantuan Macro VBA.

Membuat tombol toolbar kustom
Anda dapat menyesuaikan toolbar Excel dengan tombol Anda sendiri yang menjalankan macro yang Anda buat. pekerja kantoran akan sangat senang dengan hal semacam ini.

Membuat perintah menu kustom
Anda juga dapat menyesuaikan menu Excel dengan perintah Anda sendiri yang mengeksekusi macro Anda menulis. pekerja kantor bahkan lebih terkesan dengan ini.

Membuat front end yang disederhanakan
Apakah semua rekan kerja anda paham dengan komputer? Tentu tidak, dengan bantuan VBA anda bisa membuat tugas yang sangat rumit bisa menjadi mudah dan bisa dijalankan oleh pengguna awam sekalipun.

Mengembangkan fungsi worksheet
Meskipun di Microsoft Excel sudah tersedia banyak macam formula semisal SUM dan AVERAGE, namun anda bisa membuat rumus atau formula sendiri dengan bantuan VBA. Sebagai contoh anda akan melihat fungsi terbilang pada aplikasi Kwitansi buatan saya.

Menciptakan Aplikasi
Jika anda memiliki proyek dengan skala besar semisal pendataan nilai siswa sekolah, maka anda bisa menciptakan aplikasi sendiri. Misalnya Aplikasi Cerdas cermat buatan Broexcel, atau Aplikasi jadwal Kompetisi sepakbola, dan Aplikasi Raport yang sudah saya terbitkan disini.

Membuat kustom add-in untuk Excel
Anda dapat membuat menu sendiri dengan bantuan VBA, add-in adalah semacam alat tambahan untuk membantu Microsoft Excel menjadi lebih banyak fungsi dan fitur. Coba anda ketik “addin for Excel” pasti sudah banyak yang menciptakan Addin untuk Excel yang bisa anda gunakan, anda pun bisa membuatnya sendiri.

Demikian penjelasan Broexcel tentang Macro dan VBA dalam Microsoft Excel. Tetap update pengetahuan tentang Microsoft Excel anda hanya di Broexcel.com.

Topik yang berhubungan

  • fungsi macros
  • Pengertian vba
  • pengertian macro
  • Fungsi VBA
  • kegunaan macro di exel
  • jenis-jenis kondisi excel macro
  • jenis jenis kondisi pada excel macro
  • rumus rumus vba dan pengertian
  • jelaskan pengertian marco dalam pelajaran TIK
  • fungsi VBA macro excel
Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA | admin | 4.5