Ads:

Cara Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di Formula Bar

Cara Mengunci dan Menyembunyikan Formula di Microsoft Excel – Ketika memiliki sebuah aplikasi excel yang mengandung formula di dalamnya, maka sangatlah penting untuk melindunginya dari kerusakan pengguna yang dengan sengaja atau tidak sengaja merubah atau menghapusnya, jika formula sudah rusak maka akan terjadi error di aplikasi excel anda, selain diprotect, bisa juga ditambah dengan menyembunyikan formula agar tidak terlihat di formula bar agar tidak dicontek orang lain. Hampir semua Aplikasi Excel yang saya buat disini semua formula-nya dalam keadaan diprotect, anda bisa melihat Koleksi Aplikasi Excel buatan saya yang saya share di blog ini, berikut diantaranya:

Kali ini akan saya share tutorial Microsoft Excel tentang cara memprotect rumus excel dan menyembunyikannya agar tidak terlihat dan diedit oleh orang lain. Hal ini bertujuan agar rumus formula yang terkandung di workbook anda tidak rusak dan tidak terjadi kesalahan di aplikasi anda. Berikut ini tutorialnya.

Secara default, semua cells dalam Microsoft Excel dalam keadaan lock atau terkunci, jadi jika kita melakukan protect tanpa diatur terlebih dahulu, maka semua sel dalam worksheet anda akan terkunci dan tidak bisa diedit, untuk itu dalam tutorial kali ini khusus untuk melindungi formula dari kerusakan dengan memberikan password, sementara sel yang tidak memiliki formula dibiarkan dan bisa diedit dan dihapus.

Tutorial Menyembunyikan dan Memproteksi Formula

1. Block semua sel dengan cara klik header clomuns dan rows yang berada di pojok kiri atas, lihat gambar di bawah ini:
2. Di tab “HOME” klik “Format” yang berada di grup menu “Cells”. Lihat, semua sel dalam keadaan “Lock”, karena kita hanya akan memproteksi yang ber-formula saja, maka klik “Lock cell” sehingga menjadi dalam keadaan “unlock”, lihat gambar di bawah ini:

Cara Format Cell di Excel

3. Pada tab “HOME” klik “Find & Select” pada grup menu “Editing”.
4. Klik “Formulas”, maka semua sel yang berisi formula akan terblock.

Go to Formulas
5. Selanjutnya klik kanan pada sel yang dalam keadaan diblock dan klik “Format cells”, pada tab “Protection” centang pada “Locked” dan “Hidden” lalu “OK”. Locked artinya sel tidak bisa dioprek, sedangkan hidden artinya formula yang digunakan tidak akan terlihat di formula bar.

Protect Formula Hidden
6. Sekarang semua sel yang memiliki formula sudah terkunci, dan yang tidak memiliki formula tidak terkunci.
7. Sekarang saatnya memprotek-nya dengan memberinya password, caranya pada tab “REVIEW” klik “Protect sheet”, kemudian masukan password anda sebanyak dua kali dan klik “OK”.

Masukan Password Dua Kali
8. Sekarang semua sel yang di dalamnya terdapat rumus Excel, tidak akan bisa diedit atau dihapus, akan selalu ada dialog yang memberitahukan bahwa sel telah diprotect dengan password.

Formula Sudah Diprotect
Mungkin video tutorial di bawah ini lebih mudah dipahami:

 

Selesai sudah tutorial cara memprotek dan menyembunyikan formula dengan password di Microsoft Excel, jangan lupa untuk terus update info tutorial Microsoft Excel lainnya hanya di broexcel.com. Selamat berkarya.

Topik yang berhubungan

  • cara mengunci rumus di excel
  • cara mengunci rumus excel
  • cara agar formula excel tidak bisa
  • cara kunci rumus excel
  • cara mengunci rumus di excel 2010
  • cara menyembunyikan rumus dari formula bar
  • cara menyembunyikan rumus diformula bar dengan VGA
  • kita dapat mengunci data di formula bar melalui format cells kemudian
Cara Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di Formula Bar | admin | 4.5